BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Awali Semua Kegiatanmu Dengan Bismillah ! Niscaya Kau Akan ditunjukan Kejalan Yang Lurus Menuju Jalan_Nya.............. AMIEN YA RABBAL ALAMIN

Sabtu, 13 Februari 2010

BIJI NYAMPLUNG SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF

Biji buah pohon nyamplung (Calophyllum inophyllum) yang juga dikenal sebagai bintangur selama ini memang belum dimanfaatkan. Biasanya yang dimanfaatkan adalah kayu dan getahnya. Berawal dari penelitian dua orang siswa siswa SMAN 6 Yogyakarta, Fathur Rahman dan Aditya Prabaswara, kini buah nyamplung dapat dijadikan sumber energi alternatif.

Penelitian Biji nyamplung sebagai sumber minyak alternatif tersebut membawa mereka memenangkan lomba karya tulis SMA wisata iptek 2007 yang diadakan Kementerian Negara Riset dan Teknologi.

Dalam penelitiannya kedua siswa tersebut, didapatkan bahwa biji nyamplung selain memiliki kekentalan melebihi minyak tanah juga terdapat kandungan minyak yang mencapai sebesar 50-70%. Metodologi yang digunakan adalah dengan cara ekstraksi, sedangkan dalam uji performa 1 ml, minyak biji nyamplung mempunyai daya bakar selama 11.3 menit sedangkan minyak tanah selama 5,6 menit. Ketahanan pembakarannya dua kali lipat lebih lama dibandingkan minyak tanah.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM, Neny Sri Utami, menjelaskan, “penelitian yang dilakukan oleh siswa SMAN 6 Yogyakarta tersebut dapat dijadikan entry point untuk pengembangkan potensi buah nyamplung lebih lanjut”.

“Rendemen sebanyak 50-70% minyak merupakan potensi yang cukup besar dan jarang diperoleh pada jenis tanaman lainnya dan untuk menambah kandungan minyak yang dihasilkan cukup dengan meningkatkan efisiensi mesin pres, sedangkan ampasnya dapat dibuat briket”, demikian menurut Ibu Neny Sri Utami.

Tidak ada komentar: